jump to navigation

Kesehatan

Mengapa Harus Berenang?

Sepertinya “why” atau mengapa adalah salah satu pertanyaan yang menempati level tertinggi dalam proses pembelajaran manusia. Kata Tanya “why” atau “limadza” ini pun yang menjadikan hidup seseorang memiliki makna. Orang lain atau teman kita sangat suka sekali bertanya dengan “why”. Misalnya mengapa kamu memilih untuk sekolah di tempat anu,mengapa kamu mau menjadi seorang pegawai, wirausaha atau guru? Mengapa kamu bekerja di tempat itu? Mengapa dan mengapa..

Baiklah orang yang bisa menjawab pertanyaan mengapa sepertinya akan memiliki tujuan hidup yang jelas. Karena dia memiliki alasan. Ya alasan ketika orang lain mencari-cari alasan bagi perbuatannya sendiri. Misalnya, kita belajar karena kita ingin mendapatkan ilmu dan mengerjakan ibadah, kita makan karena kita merasa lapar dan memerlukan nutrisi dan lain sebagainya.

Sekarang ada yang bertanya mengapa saya sangat suka sekali berenang? Hohoho.. mau tahu aja! Hehe..

Ada banyak jawaban namun saya kira 5 alasan paling utama yang akan saya kemukakan :

  1. Berenang membuat pikiran saya tenang dan rileks. Sebelum berenang biasanya badan saya cepat capek, pegel dan nyeri tetapi biasanya setelah dua jam berenang saya merasakan lebih santai, otot-otot serasa rileks dan punggung tidak terasa pegal.
  2. Berenang membuat saya menggerakan badan lebih banyak. Ketika saya berenang otomatis seluruh anggota badan saya bergerak. Dari ujung kepala hingga kaki semuanya bergerak.
  3. Berenang menambah tinggi badan dan badan lebih tegak. Ini terbukti setelah beberapa bulan saya berenang. Badan saya lebih tegap dan kelihatan lebih tinggi. Saya bilang kelihatan karena memang badan saya sudah tidak bisa meninggi lagi karena sudah lewat usia pertumbuan.
  4. Berenang dipercaya dapat mengatasi autisme. Hehe bukan berarti saya autis, tapi lebih karena memang berenang itu betul-betul olahraga yang komplit dalam mengatasi stress. Liat saja kalau orang sudah kena air pasti bawaannya pengen ketawa dan tersenyum.
  5. Berenang adalah sunnah Rosulullah SAW. Nah untuk yang satu ini memang terbukti bahwa sunnah rosul itu memang tiada duanya. Manfaat-manfaat yang kita peroleh dari berenang memang banyak sekali seperti empat poin diatas selain pula tentunya berenang bermanfaat untuk menyelamatkan diri dan orang lain saat tenggelam.

Komentar»

1. tira sari puci - Oktober 7, 2011

pengen bisa renang,huhuhuhu..nangis kokoseahan😥.apa rahasianya bisa renang,ki? dari jaman SD tih usaha tetep nggak bisa bisa ampe sekarang.huwaa.makanya suka iri sama yg bisa renang,huhhh.i envy you!!😀

2. azkyalfahd - Oktober 7, 2011

hmm.. resepnya ya let it flow aja tih.. yang paling penting rileks. kalau bisa berenang di tempat yang tidak banyak org dulu.. belajar mengambang dulu deh.. saran zq coba nonton dulu video org2 yang berenang.. ikuti petunjuknya satu-satu. ya gitu deh.. gud luck ya.. berenang emang amat mengasyikan..

3. azkyalfahd - Oktober 7, 2011

and you tube really helps me to learn more swimming style.😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: