jump to navigation

TIGA BULAN TANPA TELEVISI DAN INSYA ALLOH SETERUSNYA Agustus 8, 2011

Posted by azkyalfahd in Refleksi.
trackback

Kalau anda disuruh memilih untuk memiliki televisi atau tidak, mana yang akan anda pilih? Kalau saya sih mending nggak punya televisi. Lho kenapa? Soalnya memiliki televisi itu adalah godaan tersendiri. Bagi saya bisa diibaratkan mencoba rokok dan tidak mencoba rokok. Saya memilih untuk tidak mencoba, kenapa? Jawabannya adalah karena takut kecanduan. Dan saya tahu benar bahwa orang yang sudah kecanduan susah disembuhkannya. Kecanduan main game, kecanduan obat-obatan, kecanduan makan pete, hehe.. termasuk kecanduan nonton tv. Saya kira memang TV perlu sekali kali ditonton kalau ada informasi yang memang benar-benar penting, tapi kalau saya perhatikan, jangan jauh-jauh di keluarga dan teman-teman saya kebanyakan yang nonton TV itu hampir sedikitnya separuhnya adalah menonton iklannya daripada acaranya. Saya alhamdulilah sudah dua bulan tidak menonton televisi dan merasa hidup menjadi lebih hidup. Bisa lebih banyak merenung, bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk diskusi dengan keluarga. Pokoknya hidup lebih tenang, lebih bersyukur. Mungkin karena jika banyak menonton televisi, kecenderungan kita untuk ingin memiliki segala sesuatu yang tertampilkan akan meningkat dan subconscious mind (alam bawah sadar) kita dipenuhi dan disihir oleh junk information alias sampah informasi dari iklan. Misalnya HP baru, mobil baru,kacang polong baru, laptop baru, ciki baru, istri baru, eh wait a second yang ini mah belum punya, hehe.. (humor dikit biar ga ngacai baca artikelnya) Pokoknya kalau saya urut nih ya, keuntungan tidak nonton televisi ada beberapa :

  1. Waktu tidak terbuang dengan percuma
  2. Menyehatkan mata
  3. Lebih banyak waktu sharing (berbagi) dengan anggota keluarga
  4. Lebih tenang (menjaga pandangan dari melihat aurat yang ada di TV setiap detiknya)
  5. Cenderung tidak konsumeris
  6. Menghemat listrik
  7. Waktu untuk membaca, belajar, menghapal, menulis dan berkegiatan lain jadi lebih banyak
  8. Yang jelas makin produktif tidak banyak berangan-angan dan mengkhayal
  9. Menghemat listrik berarti termasuk mencegah global warming
  10. Menghindari pertumpahan darah karena berebut remote TV (lebay mode on).

Ya selanjutnya, terserah agan-agan deh mau pilih yang mana, kan udah tahu manfaat-manfaatnya. Yang jelas beneran deh hidup mejadi serasa lebih hidup. Enggak kaya zombie yang hidup nggak mati nggak. Melek tapi enggak sadar. Lagipula, memang hanya TV satu-satunya media mendapatkan informasi? Wake up man!! You just have to open your eyes…So let’s reduce watching television today.Period.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: